Manfaat Durian Untuk Kesehatan Manusia

 

Manfaat Durian Untuk Kesehatan Manusia

Durian merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dengan nama latin Durio Zibethinus. Istilah Durian diambil dari ciri khas kulit buah tersebut yang berlekuk tajam berbentuk duri atau landak. Namun tidak semua orang menyukai durian karena salah satu faktornya adalah aroma durian yang sangat kuat.

Masuk di kategori buah musiman (hanya bisa panen setahun 2x, ada jg yang 3x panen setiap pohonnya) menjadikan durian termasuk salah satu buah yang amat mahal. Bukan tanpa alasan karena perawatan durian juga terbilang rumit, mulai dari masa tanam hingga masa pohon bisa produktif petani durian harus menunggu 4-5 tahun untuk bisa panen. Belum lagi tidak sembarang petani berhasil membudidayakan durian karena tanaman ini terbilang cukup manja, benar saja karena durian hanya mau tumbuh optimal pada suhu antara 20°C-30°C juga membutuhkan curah hujan yang tinggi sepanjang pertumbuhannya.

Umumnya semua buah akan di santap secara langsung, di belah buahnya lalu di makan. Namun seiring perkembangan buah durian saat ini banyak di produksi menjadi es krim, rasanya kuat dan tentunya sangat lezat. Namun jangan terlena karena dengan mengkonsumsi durian dalam porsi yang banyak dapat menyebabkan over energi dan saat energi tidak dapat tersalurkan akan mengurangi keseimbangan tubuh.

Kandungan senyawa dalam durian juga sangat tinggi dimana dalam 100gram buah durian terdapat :


  • Nutrisi Serat Diet : 15%
  • Karbohidrat : 9%
  • Lemak : 8%
  • Kalori : 7%
  • Vitamin C : 33%
  • Thiamin : 25%
  • Vitamin B6 : 16%
  • Riboflavin : 12%
  • Mineral Potasium : 16%
  • Copper : 10%
  • Magnesium : 8%

Dengan kandungan tersebut ternyata durian mampu membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh yakni :

Durian Mencegah Depresi

Adalah salah satu lembaga kesehatan MIND yang baru2 ini melakukan survei terhadap durian, data menunjukkan masyarakat yang mengkonsumsi durian cenderung membaik kondisinya setelah sebelumnya mengalami depresi ringan. Adapun penyebabnya yakni karena durian banyak mengandung tryptophan yang mana oleh tubuh akan di ubah menjadi serotin yang fungsinya untuk membuat badan lebih rilek, menguatkan mood, dan cenderung menimbulkan perasaan gembira.
Membantu Terlambat Datang Bulan dan Mencegah Stress

Benar saja karena kandungan vitamin B6 durian sanggup meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda dan mengurangi stress anda sehigga membantu proses PMS anda.
Durian Mencegah Kurang Darah (anemia)

Durian banyak mengandung kadar besi tinggi yang dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah sehingga sangat membantu reproduksi sel darah merah dalam darah bagi penderita anemia.
Durian Menjaga Kesehatan Tulang

Durian mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, besi, dan magnesium. Mangan sebagai enzim antioksidan. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Sedangkan Besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.
Durian Menekan Tekanan darah

Durian diakui secara resmi oleh US Food and Drug Administration akan kemampuannya mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke, hal ini di dukung fakta bahwa kandungan kalium tinggi pada durian mempunyai kadar garam yang rendah sehingga terbilang sempurna untuk menekan tekanan darah mengandung kalium sangat tinggi tetapi kadar garam yang rendah, membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah.  Kalium adalah elektrolit yang penting di dalam sel-sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah
Durian sebagai Brain Power

Buah segar durian merupakan sumber yang sangat kaya kalium. Kalium adalah elektrolit yang penting di dalam sel-sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Penelitian terhadap  200 pelajar di Twickenham (Middlesex) school menunjukkan bahwa kalium buah yang tinggi dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran yakni dengan memberi sarapan durian sebelum ujian.
Durian Melancarkan BAB

Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan serat yang dapat membantu melindungi selaput lendir usus oleh penurunan waktu eksposur racun. Hal ini juga membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia yang menyebabkan kanker dari usus sehingga melancarkan pencernaan dan melancarkan BAB.
Durian sebagai obat mabuk perjalanan, kelelahan

Perpaduan antara durian + madu + susu sanggup memulihkan keletihan. Durian sebagai penenang perut, madu untuk menaikkan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.
Durian mengatasi mual (Morning Sickness) dan Nyeri Lambung

Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness. Durian juga memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, antacatid ini akan merangsang lambung dan meredakan nyeri lambung anda.
Durian memperbaiki system syaraf dan mengurangi resiko disfungsi seksual

Durian mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki system syaraf anda. Sedangkan afrodak pada durian selain menaikan gairah seksual dan stamina, juga mampu mengurangi kemungkinan Infertilitas baik pada pria maupun wanita, serta dapat meningkatkan motilitas sperma.
Durian mengontrol diet bagi orang kegemukan

Satu study The Institute of Psychology, Austria,  menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu mengkonsumsi makanan karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan tubuh. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39% sehingga bisa di jadikan solusi pengganti cemilan.
Durian mengatasi radang saluran pencernaan

Durian dapat digunakan sebagai makanan pencegah sakit intestinal sebab durian bertekstur lunak dan lembut. Durian satu-satunya buah segar yang dapat dimakan langsung pada kasus yang telah kronis. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.
Durian sebagai pengontrol suhu badan

Hal yang sangat bertolak belakang dengan kepercayaan kita. Ternyata banyak budaya bangsa lain yang memandang durian sebagai buah ‘pendingin’ yang dapat menurunkan suhu bagi ibu hamil. Sebagai contoh di Holand, wanita hamil disuruh makan durian untuk meyakinkan bahwa bayi mereka akan lahir dengan suhu yang ‘cool’.
Durian membantu berhenti merokok

Kandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang ada di buah dutian akan membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin, namun tentunya hal ini juga harus di niati dari si perokok itu sendiri apakah ingin berhenti merokok ataupun tidak.
Durian mengurangi resiko stroke

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.
Durian sebagai obat luka dan gigitan nyamuk

Durian juga merupakan alternative untuk penyembuhan luka. Ambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut. Buah durian adalah sumber yang baik antioksidan vitamin-c (sebesar 33% dari RDA)tentunya sangat kaya vitamin C yang dapat membantu tubuh manusia mencegah infeksi dan bentol akibat gigitan nyamuk.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.