Manfaat Lengkeng Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Lengkeng Untuk Kesehatan Manusia

Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan, atau duku, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.

Kelangkaan buah kelengkeng membuat harga buah ini sedikit lebih mahal dari buah lainnya, pastinya anda semua sudah tahu akan buah kelengkeng, sekarang ini kita juga tidak usah susah mencari buah ini, karena di pasar buah juga sudah banyak yang menjualnya, pastinya anda juga pernah memakan buah kelengkeng ini kan?, tahukah anda bahwa sebenarnya buah kelengkeng ini mempunyai banyak manfaat, kandungan gizi maupun vitamin yang terkandung di buah kelengkeng ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan.
Buah kelengkeng mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan juga kandengan senyawa baik lainnya, manfaat buah kelengkeng salah satunya adalah untuk kecantikan, berikut beberapa di antaranya:


  • Menghilangkan bekas luka di kulit, kandungan senyawa di dalam kelengkeng secara efektif dapat menghilangkan bekas luka.
  • Mencegah penuaan dini, kandungan anti-aging dalam buah kelengkeng terbukti efektif untuk atasi berbagai tanda penuaan seperi garis halus dan flek-flek hitam pada kulit.
  • Untuk keindahan rambut, biji kelengkeng mengandung zat saponin di dalamnya, zat ini biasadipakai sebagai bahan dalam pembuatan shampo untuk menjaga keindahan rambut.
  • Menurunkan berat badan, kadar lemak dan kalori yang ada di dalam buah kelengkeng sangat rendah, sangat tepet bagi anda yang sedang diet.
  • Manfaat buah kelengkeng sendiri sebenarnya banyak sekali lo, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat buah ini baik dari daun, biji, maupun buahnya, jika dilihat dari itu semua maka khasiat buah kelengkeng ini banyak sekali, maka dari itu saya  akan sedikit menjelaskan yang penting saja ya, untuk lebih jelasnya berikut urainnya;
1. Anti-depresan

Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Membantu kerja jantung dan limpa

Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

Buah kelengkeng di percaya bisa mempercepat proses penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup hal ini dikarenak dalam buah kelengkeng terdapat kandungan polifenol yang dapat mmerangi radikal dalam tubuh sehinggah kerusakan pada sel akan bisa diatasi, dan perlu di ingat bahwa buah kelengkeng ini juga bisa mencegah / mengurangi terjadinya kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Diet

Kandungan kalori dan kadar lemak dalam buah kelengkeng sangat rendah yaitu sekitar 35 kalori saja, sehingga bagi anda yang ingin menerapkan diet, bisa mencoba alternatif lain dengan sering mengkonsumsi buah kelengkeng ini.

6. Sumber energi

Ini hampir sama penjelasan nomer 5 diatas, walaupun kandungan lemak dan kalorinya rendah, buah kelengeng mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa dijadikan alternatif pasokan energi dan meningkatkan stamina anda.

7. Mencegah Demam dan Flu

Buah dikenal kaya akan vitamin C, termasuk pada buah kelengkeng ini juga banyak mengandung vitamin C, sehingga wajib anda konsumsi untuk bisa mencegah berbagai penyakit yang datang ketika sistem kekebalan tubuh lagi kurang fit, yaitu untuk melindungi tubuh dari demam dan penyakit flu / pilek

8. Kesehatan kulit

Kulit yang sehat adalah kulit yang selalu tampil cerah dan tidak mudah kering, ini bisa diatasi dengan seringnya anda mengkonsumsi buah kelengkeng, karena mengandung material anti aging, yang fungsi utamanya adalah mencegah kerutan kulit di sekitar mat, miminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit dan juga bisa mencerahkan warna kulit.

9. Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare

Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

10. Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.
Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

Manfaat Biji Kelengkeng

1. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular

Jika anda tergigit ular untuk menetralisir racun agar tidak menjalar ke jantung, anda bisa mencoba penanganan dini/pertolongan pertama dengan mengurutnya dengan biji kelengkeng, karena biji kelengkeng di percaya bisa menyerap racun akibat gigitan ular dan menghisap racunnya

2. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut

Pasti anda tidak ingin kan rambut anda cepat rusak, kering bahkan mudah rontok, cara alami merawat rambut anda adalah bisa mencoba menggunakan biji kelengkeng untuk shampo, karena biji kelengkeng mengandung Zat saponin merupakan bahan dasar yang biasanya digunakan untuk membuat shampo

3. Mengatasi Jari kaki gatal dan bernanah

Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

4. Luka bakar

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

5. Luka luar yang tak kunjung sembuh

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

Manfaat lain dari buah kelengkeng adalah sebagai berikut :

  • Lemah dan kurang tenaga saat hamil
  • Menyehatkan Usus
  • Melancarkan Berbagai Penyakit
  • Peluruh Kencing dan Sirkulasi Darah : Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah.
  • Antiradang dan Peredam Demam : Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam.
  • Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.