Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Manusia

 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Manusia

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di India, Mexico, dan Florida dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.
Dapat melancarkan system pencernaan
Di dalam buah jeruk nipis mengandung serat alami yang sangat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Caranya yaitu, campurkan perasan air jeruk nipis dengan segelas air hangat lalu minum secara rutin 2 kali sehari.

Dapat menjaga daya tahan tubuh
Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang di campur dengan segelas air hangat sangat efektif dalam menjaga daya tahan tubuh, karena di dalam buah jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Dapat mencegah penuaan diniManfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Kandungan vitamin C yang di miliki buah jeruk nipis dapat dipercaya untuk mencegah penuaan dini, karena kandungan vitamin C tersebut dapat berperan sebagai antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Dapat menurunkan berat badan
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika anda mencoba program diet yang sehat dan di damping dengan meminum segelas air jeruk nipis hangat. Kandungan nutrisi di dalam buah jeruk nipis sangat membantu dalam menjalankan program diet, karena dengan meminum air jeruk nipis dapat memberikan rasa kenyang dan juga menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang lemas.

Dapat dijadikan obat demam, batuk, flu dan pilek
Caranya yaitu :
Siapkan 1 buah jeruk nipis yang telah matang, lalu peras airnya dan seduh dengan 1 gelas air panas. Minum secara teratur 3 kali sehari.

Dapat mengobati radang tenggorokan
Caranya yaitu :
Siapkan 3 buah jeruk nipis yang telah matang, lalu belah dan peras airnya. Setelah itu seduh dengan 1 gelas air panas dan di tambahkan 1 sendok makan madu murni. Kemudian gunakan obat herbal ini untuk berkumur-kumur, lakukan secara teratur 3 kali sehari.

Dapat mengobati demam berdarah (DBD)
Caranya yaitu :
Pertama-tama siapkan 5 lembar daun jeruk nipis segar, 5 lembar daun prasman dan 3 lembar daun Kendal. Setelah itu rebus semua daun tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas, kemudian minum ramuan herbal tersebut dalam keadaan hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Dapat mengatasi wasir
Caranya yaitu :
Siapkan 4 buah jeruk nipis segar dan matang, lalu belah dan peras airnya . Setelah itu, campurkan dengan 1 gelas air hangat dan minum secara teratur 2 kali sehari secara teratur.

Dapat menyembuhkan amandel
Caranya yaitu :
Ambil kulit buah jeruk nipis matang dan segar sebanyak 3 buah, lalu bersihkan dengan air bersih. Setelah itu, rebus kulit jeruk nipis tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum secara teratur 2 kali sehari.

Dapat meningkatkan stamina
Caranya yaitu :
Siapkan 1 buah jeruk nipis matang yang segar, lalu belah dan peras airnya. Setelah itu campurkan dengan 1 butir kuning telur ayam kampung dan irisan gula merah secukupnya, lalu kocok sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian minum sampai habis, lakukan perawatan ini seminggu sekali

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.