Manfaat Pir Untuk Kesehatan Manusia

 

Manfaat Pir Untuk Kesehatan Manusia

Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan. Sebagian besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen).
Anti radikal bebas
Buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan tembaga, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yg merusak sel-sel tubuh kita.

Mencegah penyakit jantung
Manfaat serat yg banyak ditemukan dalam buah pir akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita, sehingga akan memberikan perlindungan bagi tubuh kita dari penyakit jantung.
Makan-makanan yg kaya serat seperti buah pir bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 %

Tidak menimbulkan reaksi alergi
Pir lebih sedikit memberikan kesempatan alergi dibandingkan dengan buah-buahan lain, sehingga ialah salah satu dari banyak jenis buah-buahan yg bisa diberikan kepada bayi.

Mencegah osteoporosis
Masalah tulang adalah kejadian yg sangat umum masa kini. Jadi dalam rangka untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan mencukupi asupan kalsium. pH tubuh bisa dipertahankan dengan jalan diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pir kaya akan boron, yang dapat mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

Pencernaan
Buah pir yg berukuran sedang mengandung sekitar 20-25 % asupan serat harian yg direkomendasikan. Karena jenis serat dalam buah pir adalah tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus.
Kandungan serat tinggi buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan.

Kehamilan
Asam folat sangat penting bagi wanita hamil buat menjaga agar bayi aman dan terhindar dari cacat lahir. Buah pir banyak mengandung nutrisi ini, dan Anda bisa memakannya secara teratur selama kehamilan untuk memperoleh manfaatnya.

Untuk menyapih anak
Untuk menyapih anak-anak, selalu disarankan buat memberikan mereka buah pir karena alergen dan keaasamannya yg rendah, sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Buah ini bisa dikupas, dipanaskan dan kemudian dibubur. Kulitnya juga bisa diberikan, akan tetapiharus berhati-hati karena memiliki tepi yg keras dan bisa melukai anak-anak. Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yg sedang mengalami diare.

Mencegah kandung empedu, radang usus, radang sendi, dan gout
Pir membantu mencegah masalah kandng empedu, radang usus, radang sendi dan asam urat jika dimakan secara teratur

Tekanan darah
Senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan dalam buah pir akan membantu menjaga tekanan darah.

Masalah tenggorokan
Pir mencegah masalah tenggorokan yg sering terjadi selama musim panas. Jadi sangat baik mengonsumsi buah atau segelas jus pir setiap hari.

Mencegah keriput
Makan buah pir setiap hari akan menjauhkan kulit kita dari penuaan dini. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan tembaga. Semua elemen ini bermanfaat untuk memerangi radikal bebas berbahaya, sehingga sel-sel kulit kita akan terlindung dari kerusakan parah. Hal tersebut akhirnya akan membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata kita serta daerah bibir.

Kulit Bebas jerawat
Orang dengan kulit yg rawan jerawat juga bisa mendapat manfaat dari pir.
Pir mengandung vitamin dan mineral penting dengan kadar tinggi, sehingga buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih bisa untuk melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

Baik untuk Perawatan Bibir
Pir juga sangat baik untuk bibir, karena adanya asam laktat didalam ekstraknya. Kandungan asam buah ini buah bisa menjaga sel-sel bibir tetap sehat dan terhidrasi lebih lama, sehingga bibir Anda menjadi lembut dan halus.

Menutrisi Rambut
Buah pir juga memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi sehat dan bergizi. Pir terutama yg masak mengandung alkohol gula alami yg bernama “sorbitol” atau ‘”glusitol “, yg memberi makan akar rambut, menjaga kulit kepala, serta membuat rambut lembap dan sehat

Menjinakkan Rambut Keriting
Mengonsumsi buah pir secara teratur akan mencegah rambut kusut dan terlihat kusam.Jika Anda memiliki Rambut keriting, maka akan menjadi lebih mudah diatur.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.