Manfaat Manggis Untuk Kesehatan Manusia

 

Manfaat Manggis Untuk Kesehatan Manusia

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa buah manggis dan juga kulit buahnya sangat kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang adalah salah satu antioksidan yang amat berkhasiat di dunia.
Khasiat manggis bukan hanya mempunyai zat super xanthones, dalam buahnya memiliki kandungan juga polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang adalah salah satu bahan antikulat dan juga anti bakteri. harus diketahui Xanthones merupakan salah satu komponen aktif yang paling utama dari buah manggis.


Khasiat buah manggis utamanya yang paling terkenal yakni mencegah dan juga mengobati kanker, manggis sudah terbukti bisa meningkatkan kebugaran dan juga kesehatan tubuh manusia. Dengan berbagai macam zat yang terkandung di dalam buah manggis, Maka khasiat buah ini bisa digolongkan menjadi salah satu bentuk tanaman obat. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dipercaya dimiliki oleh buah yang luar biasa ini.

  • Mencegah Kanker
    Manfaat buah manggis untuk mencegah kanker memang amatlah luar biasa, bahkan penyakit kanker dan juga gejala kanker bisa diobati dengan memakai khasiat dari buah yang terkenal sebagai ratu buah ini. Hasil penelitian yang sangat utama mengenai kanker ini yakni mencegah berkembangnya tumor yang diakibatkan oleh adanya senyawa garcinone E.
     
  • Mengurangi rasa sakit
    Manggis selain mempunyai rasa yang manis, juga mempunyai zat anti-inflamasi yang bisa melawan rasa sakit seperti peradangan, nyeri dan juga kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang diakibatkan oleh latihan olahraga dan juga luka ringan.
     
  • Mencegah Infeksi
    Senyawa yang ada pada buah manggis dipercaya bisa menghambat pertumbuhan jamur dan juga bakteri yang mengakibatkan berbagai jenis infeksi di luka.
     
  • Kaya Antioksidan
    Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah manggis bisa membantu membuang radikal bebas yang ada pada tubuh dan juga menghilangkan racun tertentu yang diakibatkan oleh polusi.
     
  • Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi
    Khasiat buah manggis yang lainnya yang diyakini cukup besar yakni sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat, vitamin dan juga mineral sangat mendukung manfaat tersebut.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.